By | Februari 18, 2020

Siapa yang tak mengenal buah Durian? Buah yang memiliki bau dan rasa yang menyengat ini memiliki penggemarnya tersendiri. Terlebih bagi mereka yang tinggal di benua Asia. Tak hanya lezat, buah berduri ini juga memiliki segudang manfaat. Berikut ini 5 manfaat mengkonsumsi buah tersebut untuk kesehatan.

  1. Mengurangi anemia

Anemia disebabkan oleh kurangnya jumlah hemoglobin pada darah sehingga dapat menimbulkan gangguan sakit kepala, insomnia, hingga mempengaruhi janin dan menyebabkan kelainan bahkan kematian.

Menurut penelitian Universitas Teknologi Malaysia, buah yang satu ini memiliki kandungan asam folat yang tinggi sehingga dapat menghasilkan hemoglobin dan meredakan anemia. Tak hanya itu, asam folat sekaligus meningkatkan pertumbuhan jaringan otak dan tulang belakang pada bayi.

  1. Menjaga kesehatan tulang dan menangkal penuaan dini

Selain mengandung asam folat, buah berduri ini juga memiliki kandungan logam, kalium dan kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium penting dalam mengatur penyebaran sekaligus pengendapan kalsium pada tulang.

Buah berduri ini dikenal memiliki antioksidan tinggi, vitamin dan senyawa kimia alami yang dapat mengurangi penuaan dini bahkan menghambat terjadinya keriput, bintik-bintik hitam, rambut rontok, radang sendi, degenerasi makula, hingga penyakit jantung yang jadi momok banyak orang. Kandungan airnya berguna untuk melembabkan kulit dan mengurangi garis halus.

  1. Mengurangi depresi dan melancarkan pencernaan

Siapa sangka, buah bisa mengurangi depresi serta meningkatkan kualitas tidur? Itulah kelebihan buah berduri yang satu ini. Mengandung Amino Acid yang bekerja sebagai triptofan sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur yang baik.

Selain itu, triptofan ini juga dapat meningkatkan serotonin dan melatonin yang berfungsi untuk mengatur emosi. Triptofan dan amino acid ini juga memiliki kegunaan yang lain seperti meredakan stress, insomnia, kecemasan, nafsu makan, epilepsi, hingga depresi.

Buah berduri ini kaya akan serat yang bisa melancarkan pencernaan. Kandungan tinggi serati ini bekerja dalam meningkatkan pergerakan saluran usus. Sehingga mencegah penyakit sembelit dan penyumbatan usus. Gejala kembung, kram hingga kanker kolorektal dapat diatasi dengan buah berduri ini.

  1. Mencegah dan melawan kanker

Durian punya kandungan nutrisi, senyawa kimia dan vitamin yang berguna sebagai antioksidan sebagai alat untuk melawan kanker dan radikal bebas. Diketahui, radikal bebas mampu menghancurkan DNA dan mengubahnya menjadi sel-sel kanker untuk memperlambat pertumbuhan tumor.

  1. Meningkatkan kesuburan dan obat alternatif

Rendahnya hormon estrogen dapat menghambat kehamilan terutama bagi perempuan. Kabar baiknya, buah berduri ini memiliki kandungan hormon estrogen yang tinggi sehingga bisa menjadi obat alternatif untuk kesuburan.

Selain buahnya, jus daun buah berduri ini juga berguna sebagai obat malaria. Tak hanya itu, buah berduri ini memiliki anti bakteri, vasoconstrictor serta anti inflamasi yang berguna sebagai alternatif obat tradisional dalam meredakan demam.

Sekadar tips, saat mengkonsumsi buah berduri ini tidak disarankan sambil minum kopi atau minuman keras lainnya karena bisa berdampak pada kenaikan tekanan darah. Mengkonsumsi ini dengan jumlah yang berlebihan juga tak baik bagi tubuh karena bisa menyebabkan kolesterol juga darah tinggi.

Sebaiknya, dalam mengkonsumsi buah berduri ini menggunakan takaran yang wajar, ya. Tak banyak orang mengetahui bahwa buah berduri ini ternyata mengandung banyak manfaat luar biasa, mulai dari mencegah kanker, melawan penuaan diri, meredakan anemia, meningkatkan kesuburan serta kualitas tidur, hingga sebagai obat alternatif.

Sekian lima manfaat buah durian bagi kesehatan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari pengobatan atas penyakit-penyakit tersebut. Selamat mencoba!