By | Oktober 5, 2019

Setiap partai memang mempunyai satu landasan ideologi. Seperti halnya Partai Berkaya yang dibuat oleh Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto, sekaligus putra dari Presiden ke-2 RI Soeharto. Disamapikan pribadi oleh Sekretaris Jenderalnya, Priyo Budi Santoso, menegaskan bahwa ideologi Partai Berkarya ialah buah fatwa yang dilahirkan dari Pak Soeharto.

Tadi Cak Imin menanyakan ideologi partai Berkarya apa, ideologi kami tanpa tedeng aling-aling ialah Pak Harto, yang kami simbolkan,” kata Priyo dikutip dari CNNIndonesia.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyindir ideologi Partai Berkarya, menurutnya, seluruh partai memang wajib mempunyai ideologi sebagai landasan untuk berjuang. Seperti ciontoh PKB mempunyai ideologi Nahdlatur Ulama (NU), PDIP mempunyai ideologi Sukarno, namun ia mengaku jikalau tidak mengetahui ideologi yang diusung Partai Berkarya sambil berbicara ke arah Priyo.

Saya enggak tahu jikalau Partai Berkarya ini ideologinya Pak Harto atau apa. Terserah yang terperinci ada inspirasi yang mengikat seluruh sistem integritas partai dalam satu cita-cita,” tutur Cak Imin.

Di sisi lai Priyo merasa tak ragu untuk mendeklarasikan di depan masyarakat umum ihwal ideologi dan simbol Partai Berkarya ialah Pak Harto. Ia juga menambahkan jikalau mengklaim Pak Harto sama dengan membantu elektabilitas partainya.

Hasil penilitian diantara para presiden yang punya imbas besar dan dicintai rakyat terbesar ternyata publik mengatakan, pak Harto yang kedua bung Karno, kemudian presiden-presiden berikutnya,” kata dia.

Bahkan Priyo mengklaim jikalau banyak masyarakat rindu hidup di masa Orde Baru di bawah kepemimpinan Pak Harto. Presiden Ke-2 Indonesia tersebut dianggap sebagai bapak pembangunan dengan sederet jasa besar bagi bangsa.

Romantisme kerinduan kepada enaknya zaman Pak Harto tidak dapat dibendung,” ujarnya.