By | Juni 19, 2019

Pitung Hariono salah satu calon legislatif atau biasa dipanggil caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa, dibacok oleh orang gila. Kejadian bermula dikala petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur, Kota dan Kabupaten Mojokerto menyambangi ke rumas Mas’ud. Beliau ialah warga Desa Sambiroto, Kabupaten Mojokerto yang mengalami gangguan jiwa sekitar 10 tahun lalu.

Kedatangan petugas Dinkes pun bukan tanpa alasan, melainkan melaksanakan proyek training penanganan orang gila. Namun, dikala Mas’ud diminta untuk mandi, ia malah memberontas dan mengamuk. Sejumlah petugas pun lari, sementara Pitung justru mendatangi rumah Mas’ud dan melukai di lengan kiri. Dengan pisau yang diambil dari dapur rumahnya dikala petugas lengah.

Awalnya hilang empat tahun, kemudian kembali dari Gunung Kidul, katanya merantau. Tidak tahu di bawa siapa, masih bujang,” ujarnya.

Nur Aini juga bercerita, bila petugas tiba ke rumah Mas’ud dalam rangka training untuk kesehatan jiwa dari petugas puskesmas, baik Kabupaten maupun Kota Mojokerto. Pelatihan diberikan oleh Dinkes Provinsi Jawa Timur, terkait cara memperlakukan pasien gangguan jiwa, sehingga perlu dilakukan pendekatan.